Rabu, Januari 29, 2014

PROFIL GURU




Dra. Emi Pratiwi,

Bu Emi panggilannya. Beliau adalah guru bahasa Indonesia kami. Tegas, keras, dan disiplin adalah bagian dari materinya. Bukan Bu Emi namanya jika sehari saja tidak mengeluarkan kata-kata frontal. Sikap beliau yang begitu frontal adalah pembelajaran bagi kami agar kami tidak terjerumus dalam kemunafikan. Beliau selalu melontarkan seribu bahasa yang menggelitik guna mengimbangi rasa tegang ketika beliau sedang berkumandang menjabarkan teori.

Bu Emi selalu menguak atau menerjemahkan suatu kata yang asing di telinga kami. Dan hebatnya lagi, beliau pandai membuat hal itu menjadi bahan perdebatan terhadap murid-muridnya. Teknik tanya jawab lah yang sering beliau pakai untuk memancing suasana perdebatan. Beliau begitu jenius tetapi beliau juga tetap menjaga kerendahan hatinya. Sikap beliau yang rendah hati itu tergambarkan oleh motonya yakni “selalu gunakan ilmu padi”. Isi dari ilmu padi itu sendiri adalah kian berisi kian merunduk. Maknanya, semakin memiliki ilmu yang tinggi harusnya semakin rendah hati bukan malah sombong.


Kami sangat berterima kasih kepada Bu Emi atas jasa-jasanya. Mungkin ucapan terima kasih saja tidak cukup bagi beliau, tetapi kami yakin bahwa dengan doa kami yang selalu menyertainya Tuhan sendiri yang akan membalas semua kasih dan jasanya.

0 komentar:

Posting Komentar